Sunday 26 September 2010

Pengobatan Epilepsia dengan Karbamazepin

Dr. Tanumihardja
Surabaya

PENDAHULUAN
Di antara berbagai antikonvulsan yang kini beredar di pasaran, salah satu jenis di antaranya ialah Carbamazepine atau 5-Carbamoxyl-5-H-dibenz (b, f) azepine (= Tegretol, Geigy)1. Carbamazepine dikatakan efektif untuk mengendalikan serangan epilepsi dari segala jenis, kecuali petit mal. Carbamazepine juga dikatakan efektif untuk mengatasi gejala psikik yang menyertai epilepsi tanpa menimbulkan sedasi yang menyolok.
Berhubung hampir semua antikonvulsan yang beredar di pasaran dewasa ini memiliki sedikit efek sedasi, yang membuat penderita epilepsi sering tidak dapat melanjutkan studi atau sering diberhentikan dad pekerjaan mereka. Di samping itu, banyak penderita epilepsi sering memperlihatkan kelainan tingkah laku yang hingga kini masih belum berhasil diatasi dengan baik, meskipun dengan berbagai pengobatan gabungan.
Dengan terdapatnya sejenis obat antikonvulsan yang dikatakan efektif untuk mengendalikan serangan dan sekaligus dapat menghilangkan gejala psikik yang menyertai epilepsi tanpa menimbulkan sedasi, akan mcmudahkan pengobatan epilepsi dan juga tidak akan mengganggu kegiatan penderita sehari-hari.
Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk menilai efek Carbamazepine pada penderita epilepsi dan efek samping obat tersebut.

No comments:

Post a Comment