Saturday, 25 September 2010

Pengelolaan Kesukaran Tidur pada Usia Lanjut

dr. A. Tanumihardja 
Rumah Sakit Jiwa Ujung pandang

PENDAHULUAN
Proses "menua" adalah suatu proses yang alamiah yang tidak dapat dielakkan oleh siapapun juga. Pada usia lanjut sering terjadi perubahan fisik dan mental. Diantara perubahan-perubahan itu yang sering kita dengar ialah kesulitan tidur, berupa kesukaran untuk mulai tidur; atau sering terbangun; atau tidur cepat dan dalam, tetapi terlalu cepat bangun dinihari dan setelah terbangun tidak bisa tidur lagi.
Tidur adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Diperkirakan sekurang-kurangnya sepertiga dari masa hidup manusia yang sehat dilewatkan di tempat tidur. Manusia yang normal dapat tahan tidak makan atau tahan tidak minum selama beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu, akan tetapi tidak tahan untuk tidak tidur selama beberapa hari saja.
Tidur memberi istirahat kepada otak dan tubuh kita. Setelah bangun tidur apalagi setelah tidur yang nyenyak, maka kita segar kembali. Seorang yang terganggu tidurnya, terutama gangguan tidur yang sudah berlangsung lama, biasanya menjadi mudah tersinggung, rasa pusing, dan gairah kerja berkurang dan kadangkadang disertai macam-macam keluhan somatik yang sifatnya fungsional belaka.

No comments:

Post a Comment