Sunday 26 September 2010

Pemeliharaan Pendengaran di Industri

Dr. M.S. Wiyadi
Litb./U.P.F. Ilmu Penyakit Telinga, Hidung dan Tenggorok
Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/RSUD Dr. Soetomo, Surabaya.

PENDAHULUAN
Pada tempat-tempat industri, sesuatu yang mengancam pendengaran manusia ialah suara bising yang ditimbulkan oleh suara mesin pabrik atau suara-suara lain yang ditimbulkan oleh
pekerjaan-pekerjaan pada industri tersebut.
Suara bising akan menimbulkan gangguan pendengaran atau ketulian pada seseorang yang bekerja atau berada di lingkungan industri. Istilah-istilah occupational deafness, industrial deafness, noise induced hearing loss, trauma akustik, adalah istilah-istilah untuk menggambarkan ketulian akibat suara bising. Bila suara bising menyebabkan ketulian pada anggota militer, disebut military deafness.
Ketulian ini sifatnya neuro-sensorik dan ireversibel. Untungnya ketulian ini bisa dicegah, dengan cara penanggulangan bising di industri yang pada hakekatnya adalah pemeliharaan pendengaran di industri. Pemeliharaan pendengaran di industri ditujukan untuk mencegah terjadinya ketulian bagi pekerjapekerja yang masih normal telinganya dan mencegah agar tak jadi lebih jelek pada pekerja-pekerja yang sudah terdapat kekurang pendengaran.
Maksud dari tulisan ini untuk membicarakan akibat kebisingan pada manusia, terutama pada telinganya, dan caracara menanggulangi kebisingan agar tidak merusak pendengaran para pekerja di lingkungan industri.

No comments:

Post a Comment