Saturday 25 September 2010

Berbagai Pemeriksaan Imunologi untuk Menunjang Diagnosa

dr. Siti Boedina Kresno
Bagian Patologi Klinik 
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, Jakarta

Perkembangan yang pesat dalam imunobiologi dan imunokimia membuka jalan bagi kinik untuk secara luas menerapkan pemeriksaan laboratorium imunologi untuk menunjang diagnosa dan sebagai pedoman penatalaksanaan penderita. Secara umum pemeriksaan imunologi dalam menunjang diagnosa tersebut dibagi dalam dua golongan1 , yaitu :
I. pemeriksaan imunologi untuk menentukan kompetensi imunologik baik pada orang normal maupun pada kelainan respons imunologik.
II. pemeriksaan imunologi yang dipakai untuk menunjang diagnosa penyakit-penyakit non-imunologik.
 
Dalam makalah ini penulis membatasi diri pada prinsip-prinsip imunodiagnostik in vitro yang pada saat ini telah dapat dilakukan di laboratorium Patologi Klinik FKUI/RSCM. Disamping itu akan dikemukakan pula beberapa tes untuk menguji respons imunologik seluler yang sepengetahuan penulis telah dapat dilakukan di laboratorium -laboratorium tertentu di Indonesia.
Pada bagian lain tulisan ini akan dikemukakan prinsi-prinsip berbagai tes imunokimia yang selain dapat dipakai untuk menguji respons imunologik humoral juga dapat dipakai untuk menunjang diagnosa penyakit-penyakit non-imunologik.

No comments:

Post a Comment